Kantor Kementerian Agama Kota Malang meski telah mendapatkan penghargaan layanan ramah rentan dari Kemenpan RB, terus melakukan perbaikan layanan masyarakat. Kantor yang berada di Jalan R. Panji Suroso Nomor 2 Kota Malang ini setiap harinya memberi layanan tidak kurang dari 50 orang utamanya pada Pusat Layanan Haji dan Umroh Terpadu.
Di pusat pelayanan haji dan umroh ini masyarakat datang untuk sekedar mencari informasi yang akurat tentang haji dan umroh mengingat simpang siur berita haji di berbagai media sosial atau meminta layanan pendaftaran haji dan rekomendasi umroh. Meningkatnya jumlah layanan di Pusat Layanan Haji dan Umroh Terpadu (PLHUT) ini juga ditambah dengan layanan chat whatsapp pada nomor 081252045658 yang setiap harinya menerima tidak kurang dari 5-10 pertanyaan dan permohonan info layanan.
Petugas sangat antusias dalam memberikan informasi terkait tata cara pendaftaran haji, syarat-syarat yang harus dipenuhi dalam aplikasi haji, serta bagaimana cara mengurus pelimpahan porsi haji. Selain itu, petugas juga memberikan informasi tentang proses pembatalan haji, dan cara mendapatkan surat rekomendasi haji. Petugas juga memberikan informasi tentang haji dan umroh, termasuk ketentuan, biaya, dan waktu pelaksanaan haji dan umroh.
Optimalisasi layanan bukan tanpa kendala, tidak sedikit pemohon layanan yang harus dilayani dengan ekstra sabar karena yang datang rata-rata sudah usia lanjut. "Kita memang dilatih untuk ekstra sabar dalam memberikan penjelasan kepada pengguna layanan sampai dimengerti atau dipahami," ujar Elis salah satu petugas PLHUT Kantor Kementerian Agama Kota Malang. (HUMAS)