Syawal Momentum Peningkatan Layanan, Dorong ASN Kemenag Kota Malang Bertransformasi

Kota Malang -- Hari pertama masuk kerja pasca libur Idulfitri 1446 H, Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Malang menggelar Apel Senyum Senin yang dilaksanakan di aula utama kantor. (14/4)

Apel ini dipimpin langsung oleh Kepala Seksi Pendidikan Madrasah, Abdul Mughni, M.Pd., yang akrab disapa Pak Mughni.

Syawal Sebagai Simbol Peningkatan

Dalam amanatnya sebagai pembina apel, Pak Mughni memberikan pembinaan kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Kemenag Kota Malang. Ia menegaskan bahwa bulan Syawal merupakan momentum untuk melakukan peningkatan, baik secara personal maupun dalam pelaksanaan tugas sebagai ASN.

“Syawal itu peningkatan. Maka dalam kaitannya dengan tugas dan fungsi kita sebagai ASN, saya mengajak seluruh ASN Kemenag Kota Malang untuk membaca kembali dan memahami nilai-nilai dasar ASN, yaitu core values BerAKHLAK,” ujarnya.

Fokus pada Nilai "Berorientasi Pelayanan"

Ia secara khusus menekankan pentingnya mengimplementasikan nilai "Berorientasi Pelayanan", salah satu dari tujuh nilai dasar ASN BerAKHLAK. Menurutnya, orientasi pelayanan harus diawali dari pemahaman terhadap keragaman latar belakang masyarakat.

“Berorientasi pelayanan berarti memahami, melaksanakan, dan memenuhi harapan masyarakat. Masyarakat yang kita layani berasal dari latar belakang sosial dan ekonomi yang beragam. Maka kita harus hadir secara utuh untuk mereka,” tegasnya.

Empat Prinsip Pelayanan ASN

Lebih lanjut, Pak Mughni memaparkan empat prinsip utama yang harus dimiliki ASN dalam memberikan layanan publik:

1. Cekatan, cepat dan tepat dalam memberikan layanan.

2. Ramah, hadir dengan sikap santun dan komunikatif.

3. Solutif, mampu memberikan penyelesaian terhadap permasalahan masyarakat.

4. Inovatif, senantiasa melakukan perbaikan dan menghadirkan terobosan yang menjawab tantangan serta kebutuhan masyarakat.

Komitmen Terus Berinovasi

“Upaya perbaikan harus dilakukan secara terus-menerus, melalui inovasi-inovasi yang mempermudah masyarakat dalam mengakses layanan kita,” pungkasnya. Humas

Muhammad Nur Hidayah

Penulis yang bernama Muhammad Nur Hidayah ini merupakan Pegawai Kantor Kementerian Agama Kota Malang yang berstatus PNS dan memiliki jabatan sebagai Pranata Humas dan Agen Perubahan Kemenag Kt Malang.